Saturday, December 17, 2016

BAGAIMANA SEHARUSNYA UNTUK MENJADI SEORANG WIRAUSAHAWAN UKM DALAM BIDANG IT

Kewirausahaan merupakan keinginan yang kuat untuk menjadi seorang pebisnis yang merupakan suatu hal yang cukup menarik untuk ditekuni oleh beberapa orang karena akan menjanjikan sebuah kesuksesan dalam berkarier dan sukses secara financial untuk mereka yang telah berhasil dalam menjalaninya. Bahkan diantara beberapa pemuda telah berkata bahwa mereka sangat ingin menjadi seorang wirausahawan dengan mendirikan perusahaan berskala kecil dan ingin memperoleh kebebasan secara financial tanpa harus menghiraukan dalam bidang apa saja mereka akan mencoba untuk berkarier dan tentunya berbagai hambatan apa saja yang nanti akan mereka temukan dalam perjalanan untuk berwirausaha.

Selain itu, dunia IT (Teknologi Informasi) adalah salah satu dari sebuah dunia usaha dan teknologi yang saat ini yang paling banyak dalam menghasilkan para wirausahawanyang telah lama sukses baik itu dari sisi bisnis maupun secara financial. Seperti contoh dari nama-nama yang sama sekali tidak asing dan bahkan sangat terkenal dalam dunia IT adalah :
  1. Bill Gates.
  2. Steve Jobs.
  3. Hewlet-Packard.
  4. Michael Dell.
  5. Dan Masih Banyak Nama-Nama Sukses Lainnya Dalam Dunia IT.
Mereka semua adalah nama-nama tenar yang telah lama sukses dalam dunia IT, dan sekaligus merupakan para wirausahawan murni karena mereka telah memulai usahanya sejak dari nol (0) sampai bisa menjadi raja-raja dalam dunia IT seperti sekarang ini.


Melihat berbagai fenomena tersebut, maka sangat tidak heran apabila saat ini sudah sangat banyak sekali para wirausahawan yang lebih memilih untuk mendirikan usaha dalam bidang IT, bahkan yang sekarang ini sudah berada dalam zaman yang serba dot-com, sangat banyak sekali para wirausahawan-wirausahawan muda yang mencoba peruntungan mereka dari dunia IT tersebut.

Bagaimana Cara Membangun Bisnis Dalam Dunia IT?

Dunia IT adalah sebuah dunia yang begitu menjanjikan untuk para pengusaha muda, karena keterbukaannya bagi siapa saja yang berminat ingin memasukinya, bahkan bagaimana dalam menggambarkan begitu terbukanya bidang IT ini telah dinyatakan oleh pernyataan seorang aktro profesional dalam sebuah film fiksi yang berkisah tentang perusahaan IT dengan judul "Anti Trust" yang telah menyebutkan bahwa "Every student who works on their garage is potentially to become a competitor in this business..".

yang artinya adalah "Setiap dari mahasiswa yang bekerja dari sebuah garasi  di rumahnya untuk membuat perangkat lunak IT akan berpotensi untuk menjadi pesaing bagi perusahaan yang telah lama beroperasi terlebih dahulu".

Sama halnya dengan sebuah bisnis pada umumnya, apabila terlalu mudah dalam memasukinya maka akan sangat mudah pula untuk segera terlempar keluar dari persaingan, oleh karena itu pemahaman dan pemilihan dalam membangun sebuah bisnis, dan khususnya dalam bidang IT ini benar-benar sangat menentukan bahwa sukses tidaknya suatu usaha tersebut yang telah dijalankan.

Meskipun sebenarnya sangat banyak sekali bidang bisnis dalam dunia IT, namun pada dasarnya bidang usaha yang paling sering dimasuki oleh seorang pebisnis pelula dalam bidang IT adalah :
  1. Distributor dari produk-produk IT, baik itu adalah hardware atau software.
  2. Perusahaan pengembangan dari perangkat lunak program (software house).
  3. Konsultan IT, baik itu adalah dari sisi hardware atau dari segi software.
  4. Training pendidikan dalam bidang IT.
Dari masing-masing keempat bidang IT ini, maka seiring dengan perkembangan zaman maka muncullah berbagai jenis varian yang telah berhasil ditelurkan para pebisnis IT yang umumnya adalah merupakan bentuk dari spesialisasi pecahan dari keempat bidang usaha IT diatas. Agar bisa sukses berbisnis dalam bidang IT ini, maka faktor utama yang paling dominan dan seringkali berpengaruh besar dalam kesuksesan dunia IT adalah ketepatan dalam memasuki pasar (time go to market) dan juga yang tidak kalah pentingnya adalah kualitas dari sebuah produk IT yang dimilki. Jika terlambat sedikit saja dalam memasuki pasar, itu berarti bahwa Anda sudah kehilangan kesempatan untuk sukses yang sangat berharga untuk jalan menjadi seorang market leader sejati, sedangkan apabila Anda terlalu awal dalam memasuki pasar maka akan semakin terbebani biaya yang sangat besar dalam hal melakukan pendidikan terhadap pasar. Faktor selanjutnya adalah kualitas dari sebuah produk yang nantinya akan menjamin adanya kesinambungan perusahaan terhadap bisnis ini. Kualitas dari sebuah produk yang jelek maka akan menyebabkan rendahnya tingkat kepercayaan dari para pelanggan, walaupn sebenarnya time go to market nya sudah benar-benar tepat sesuai dengan perkiraan Anda.


No comments:

Post a Comment