Bisnis kuliner merupakan sebuah bisnis yang sama sekali tidak mengenal musim, dalam situasi dan kondisi seperti apapun berbisnis yang satu ini selalu memiliki nilai penjualan yang lebih stabil atau bahkan mungkin terbilang sangat tinggi jika situasi dari masyarakatnya yang serba konsumtif. Karena hal itulah tidak heran apabila sudah mulai banyak yang ingin melirik untuk memulai berbisnis jenis kuliner ini.
Akan tetapi, jika ingin memiliki usaha sendiri terutama dalam bidang UKM seperti jenis usaha kuliner ini yang berprospek bagus dan berorientasi terhadap jangka panjang yang lebih baik, setidaknya Anda harus tahu terlebih dahulu tentang apa saja langkah-langkah dalam memulai untuk berbisnis kuliner yang lebih tepat. Anda tentunya tidak ingin bukan jika harus keluar modal yang lumayan besar tanpa adanya hasil yang sebanding dan sia-sia dengan segala usaha dan kerja keras Anda selama ini dalam membangung bisnis kuliner Anda sendiri.
BAGAIMANA DALAM MEMULAI BISNIS KULINER YANG BENAR?
1. Membentuk Tim Yang Pantas Untuk Calon Internal Bisnis Kuliner.
Sebelum Anda akan memulai berbisnis dalam bidang kuliner yang lebih cenderung agak rumit apabila dilakukan seorang diri, ada baiknya Anda harus mengajak keluarga/kerabat, tetangga, teman disekitar Anda agar dapat menunjang awal mula perkembangan dari bisnis Anda.
Anda bisa mengajak siapapun yang memiliki keahlian dalam bidang kuliner seperti :
Akan tetapi, jika ingin memiliki usaha sendiri terutama dalam bidang UKM seperti jenis usaha kuliner ini yang berprospek bagus dan berorientasi terhadap jangka panjang yang lebih baik, setidaknya Anda harus tahu terlebih dahulu tentang apa saja langkah-langkah dalam memulai untuk berbisnis kuliner yang lebih tepat. Anda tentunya tidak ingin bukan jika harus keluar modal yang lumayan besar tanpa adanya hasil yang sebanding dan sia-sia dengan segala usaha dan kerja keras Anda selama ini dalam membangung bisnis kuliner Anda sendiri.
BAGAIMANA DALAM MEMULAI BISNIS KULINER YANG BENAR?
1. Membentuk Tim Yang Pantas Untuk Calon Internal Bisnis Kuliner.
Sebelum Anda akan memulai berbisnis dalam bidang kuliner yang lebih cenderung agak rumit apabila dilakukan seorang diri, ada baiknya Anda harus mengajak keluarga/kerabat, tetangga, teman disekitar Anda agar dapat menunjang awal mula perkembangan dari bisnis Anda.
Anda bisa mengajak siapapun yang memiliki keahlian dalam bidang kuliner seperti :
- Salah seorang atau beberapa anggota keluarga yang pandai memasak.
- Salah seorang kerabat yang pandai dalam memilih bahan-bahan berkualitas untuk makanan.
- Salah seorang dari tetangga yang cukup handal dalam salah satu masakan. Atau.
- Beberapa teman yang memiliki hobi untuk memasak makanan.
Semua itu bisa Anda jadikan sebagai nilai lebih (+) agar dapat menunjang hasil dari masakan yang maksimal dan siapa tahu saja para pelanggan akan langsung merasa puas dengan berbagai masakan dari bisnis kuliner Anda kan?
2. Berguru dan Belajar Kepada yang Lebih Senior Atau yang Telah Lama Sukses Dalam Bisnis Kuliner.
Dalam memulai suatu usaha, entah apapun itu, Anda harus mencari referensi atau dalam istilah "kece" nya "encari ilmu tambahan" kepada mereka yang lebih dahulu dan lebih lama sampai kenyang merasakan manis,asam, garam dunia bisnis dalam bidang usaha tersebut.
Tentunya mereka merasa lebih tahu dan berpengalaman tentang apa saja yang seharusnya dan tidak seharusnya untuk dilakukan dalam menjalankan bisnis seperti Anda, jiwa bisnis Anda akan semakin lebih termotivasi menjadi berpuluh-puluh kali lipat apabila Anda mencermati segala cerita pasang-surutnya menjalankan usaha seperti para senior Anda.
3. Mencermati Layanan dan Produk.
Saat Anda ingin memulai berbisnis kuliner langkah selanjutnya adalah bagaimana kecermatan Anda dalam mengenali secara pasti jenis-jenis makanan apa saja yang paling banyak disukai oleh semua orang? Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan sebelum Anda akan benar-benar terjun dalam dunia bisnis kuliner. Tentunya saat Anda melakukan hal ini akan semakin banyak memberikan Anda gambaran-gambaran prospek yang jelas untuk kedepannya tentang bagaimana kelanjutan dari bisnis Anda nantinya, apakah benar-benar bisa memiliki prospek masa depan yang cerah untuk bertahan lama? Atau hanya bersifat sementara/musiman saja.
Selain itu Anda jangan sampai mudah tergoda dengan adanya trend-trend kuliner yang lebih bersifat musiman saja atau saat ini sedang booming-boomingnya sehingga banyak laku keras di segmentasi pasarnya, namun sama sekali tidak menjanjikan adanya prospek yang bersifat untuk jangka panjang. Agar mampu tetap teguh dengan pendirian produk kuliner utama Anda, sebaiknya sediakanlah menu-menu kuliner yang sudah menjadi kebiasaan dari masyarakat sekitar, namun dengan cita rasa yang luar biasa versi Anda sendiri.
4. Menstandarkan Ketrampilan, Resep dan Cita Rasa yang Tinggi.
Ketika Anda sudah benar-benar memutuskan untuk terjun dalam dunia bisnis kuliner, Anda harus memastikan benar-benar yakin dengan kelayakan dari masakannya. Agar dapat mengetahuinya, setidaknya Anda harus terlebih dahulu membagikan berupa tester-tester/contoh masakan Anda kepada teman/kerabat atau kenalan yang memiliki kemampuan untuk mengomentari masakan dari bisnis Anda.
Mintalah saran, kritik atau pendapat dari mereka untuk perbaikan dari masakan bisnis Anda, Anggap saja pendapat tersebut adalah untuk sesuatu yang membangun meskipun terkadang mungkin saja terdengar agak pedas ditelingga, namun tetaplah tahan diri Anda dan berusaha menggap bahwa saran dan kritikan tersebut merupakan sesuatu yang membangun sebagai bahan referensi masukan bagi Anda agar dapat berkreasi dan berinovasi untuk menjadi lebih baik lagi. Terlebih lagi apabila sangat banyak sekali pujian yang mungkin Anda dapatkan dari masakan bisnis Anda, tetaplah jaga resep andalan sekaligus resep rahasia dari bisnis Anda agar tidak sampai di tiru/jiplak oleh orang lain.
Hal ini sangat penting karena Anda sedang memulai bisnis kuliner, resep rahasia merupakan salah satu kunci utama dari keberlangsungan hidup dari bisnis Anda. Apabila Anda memiliki sebuah produk Andalan, maka pastikan bahwa untuk memisahkan resep dari produk andalan Anda tersebut dari resep-resep biasa dari produk masakan Anda. Setelah pasar Anda sudah mulai terbentuk, maka segera mulailah untuk berinovasi terhadap berbagai kreasi-kreasi Anda sendiri yang diikuti dengan adanya peningkatan dari kemampuan memasak Anda. Dengan adanya kualitas masakan yang baik dan penyajian yang cukup menarik, serta diikuti dengan berbagai pelayanan yang ramah, maka sudah bisa dipastikan bahwa bisnis kuliner Anda ini semakin lama akan semakin laris.
5. Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Anda.
Dalam dunia bisnis (apapun) tanpa ada pengecualian, strategi pemasaran memiliki peranan yang begitu penting sebagai ujung tombak dari adanya pemasukan dan kelangsungan hidup dari sebuah bisnis.
Dalam hal pemasaran, lokasi merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh, pastikan lokasi dari bisnis kuliner atau rumah makan Anda cukup strategis dan sangat mudah untuk diakses oleh para calon pembeli Anda. Untuk dapat mensukseskan launching awal dari bisnis Anda, sebaiknya Anda mempromosikannya melalui brosur-brosur dengan tampilang yang menarik dan membuat mereka semakin merasa penasaran agar secepatnya datang berkunjung ke bisnis kuliner Anda, atau Anda juga bisa mempromosikannya secara online melalui berbagai media sosial milik bisnis agar dapat menjangkau para pelanggan yang lebih banyak lagi.
6. Proses Distribusi Dalam Rangka Perluasan Bisnis Kuliner.
Distribusi adalah salah satu langkah terpenting dalam dunia bisnis, bagi Anda yang memiliki modal cukup besar, sebaiknya Anda harus membuka outlet-outlet atau cabang-cabang rumah makan dari bisnis kuliner Anda. Namun sebaliknya, apabila Anda hanya memiliki modal yang terbatas, hanya berfokuslah pada no 5 (strategi pemasaran bisnis kuliner) hanya di satu tempat saja.
Hal ini sangat penting karena Anda sedang memulai bisnis kuliner, resep rahasia merupakan salah satu kunci utama dari keberlangsungan hidup dari bisnis Anda. Apabila Anda memiliki sebuah produk Andalan, maka pastikan bahwa untuk memisahkan resep dari produk andalan Anda tersebut dari resep-resep biasa dari produk masakan Anda. Setelah pasar Anda sudah mulai terbentuk, maka segera mulailah untuk berinovasi terhadap berbagai kreasi-kreasi Anda sendiri yang diikuti dengan adanya peningkatan dari kemampuan memasak Anda. Dengan adanya kualitas masakan yang baik dan penyajian yang cukup menarik, serta diikuti dengan berbagai pelayanan yang ramah, maka sudah bisa dipastikan bahwa bisnis kuliner Anda ini semakin lama akan semakin laris.
5. Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Anda.
Dalam dunia bisnis (apapun) tanpa ada pengecualian, strategi pemasaran memiliki peranan yang begitu penting sebagai ujung tombak dari adanya pemasukan dan kelangsungan hidup dari sebuah bisnis.
Dalam hal pemasaran, lokasi merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh, pastikan lokasi dari bisnis kuliner atau rumah makan Anda cukup strategis dan sangat mudah untuk diakses oleh para calon pembeli Anda. Untuk dapat mensukseskan launching awal dari bisnis Anda, sebaiknya Anda mempromosikannya melalui brosur-brosur dengan tampilang yang menarik dan membuat mereka semakin merasa penasaran agar secepatnya datang berkunjung ke bisnis kuliner Anda, atau Anda juga bisa mempromosikannya secara online melalui berbagai media sosial milik bisnis agar dapat menjangkau para pelanggan yang lebih banyak lagi.
6. Proses Distribusi Dalam Rangka Perluasan Bisnis Kuliner.
Distribusi adalah salah satu langkah terpenting dalam dunia bisnis, bagi Anda yang memiliki modal cukup besar, sebaiknya Anda harus membuka outlet-outlet atau cabang-cabang rumah makan dari bisnis kuliner Anda. Namun sebaliknya, apabila Anda hanya memiliki modal yang terbatas, hanya berfokuslah pada no 5 (strategi pemasaran bisnis kuliner) hanya di satu tempat saja.
No comments:
Post a Comment